5 Olahraga yang Bisa Dilakukan dengan Anak di Rumah

Kebiasaan hidup sehat seperti menjaga pola makan teratur dan berolahraga harus dibiasakan sejak kecil. Ada berbagai olahraga ringan yang bisa dilakukan orangtua untuk bisa dilakukan dengan anak-anak.

Tidak peduli panas atau hujan, sebaiknya kebiasaan berolahraga tidak terhalang oleh cuaca. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan anak meskipun cuaca sedang hujan. Kamu bisa tetap melakukan kebiasaan olahraga ini di dalam ruangan.

1. Lompat Tali

Gerakan olahraga ini memungkinkan anak untuk bisa melatih ketangkasan dan keseimbangan tubuh. Mulanya, anak-anak pasti akan merasa kesulitan untuk menyeimbangkan gerakan tangan dan kaki. Namun, olahraga ini akan sangat menyenangkan dilakukan di rumah. Ajak si kecil ke area yang agak luas, lalu ajarkan untuk bisa mengoordinasikan gerakan tangan dan kaki saat melompat.

2. Yoga

Melakukan gerakan yoga bersama si kecil tidak hanya membiasakan si kecil untuk hidup sehat, tetapi juga menjalin kedekatan hubungan dari orang tua. Gerakan yoga yang bisa diajarkan untuk anak-anak cukup gerakan yang mudah saja. Hal yang lebih penting adalah membiasakan si kecil untuk tetap dapat membiasakan rutinitas olahraga.

3. Senam

Baru dapat tiket pesawat murah ke Lombok untuk liburan keluarga? Jangan sampai si kecil lupa dengan rutinitas olahraganya. Lakukan beberapa gerakan senam sederhana sebelum melakukan aktivitas liburan yang sudah direncanakan. Beberapa tempat menginap mungkin juga memiliki gym yang nyaman untuk dipakai berolahraga senam. Nah, arena seperti ini bisa dimanfaatkan agar kamu tidak meninggalkan rutinitas olahraga meski sedang liburan.

4. Hulahoop

Olahraga menggunakan hoolahoop ini memungkinkan anak-anak untuk bisa melatih keseimbangan tubuh. Latihan ini juga menjaga otot perut anak agar lebih kuat. Tidak hanya itu, latihan menggunakan hoolahoop juga bisa dibuat dengan sesi yang menyenangkan jika dilakukan bersama-sama. Pilihan alatnya juga tersedia dalam berbagai warna dan corak yang bisa membuat anak-anak lebih bersemangat untuk mencoba rangkaian latihan dengan teratur. Latihan ini juga tidak membutuhkan area yang luas untuk bisa dilakukan setiap hari. Jadi, kamu bisa melakukannya di dalam ruangan di rumah. Kalau mau dibawa bepergian juga bisa, mungkin hanya agak repot kalau dibawa ke transportasi umum seperti kereta atau bus.

5. Panco

Jangan pernah menyepelekan energi anak-anak. Meskipun ukuran tubuhnya masih kecil, energinya mungkin cukup besar untuk digunakan melawan orang tuanya saat diajak panco. Ya, meski bukan olahraga yang lumrah untuk dilakukan setiap hari, panco bisa dijadikan sebagai alternatif untuk latihan di dalam rumah. Nah, tidak perlu ruangan yang besar. Berbekal tempat duduk dan meja saja, orangtua sudah bisa mengenalkan anak-anak untuk melakukan olahraga panco.

Sudah tidak alasan lagi untuk meninggalkan rutinitas olahraga ‘kan? Nah, biasakan juga anak-anak untuk selalu melakukan olahraga sebagai kebiasaan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *